Jumat, 15 Agustus 2014

VOIP RAKYAT

Pengiriman suara pada voip


PROSES PENGIRIMAN SUARA PADA VOIP
PENGERTIAN
 Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
CARA PENGIRIMAN PADA VOIP
Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
SEJARAH VOIP
Sejarah Perkembangan Teknologi VoIP
Sejarah Perkembangan teknologi VoIP dimulai dari penemuan telepon pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell.  Kemudian dikembangkan lagi teknologi PSTN ( Public Switched Telephone Network ) yang sudah berkembang sampai sekarang.  Beberapa tahun kemudian mulai berkembang teknologi yang baru. Pembuatan Personal Computer (PC) secara massal, system komunikasi telepon selular dan terakhir system berdasarkan jaringan internet yang memberikan layanan e-mail, Chat dan lain-lain.
Teknologi VoIP diperkenalkan setelah internet mulai berkembang sekitar tahun 1995.  Pada mulanya kemampuan mengirimkan suara melalui internet hanya merupakan eksperimen dari beberapa orang atau perusahaan kecil. Ini dimulai dengan perusahaan seperti Vocaltech dan kemudian pada akhirnya diikuti oleh Microsoft dengan program Netmeeting-nya. Pada saat itu jaringan komputer internet masih sangat lambat. Di rumah-rumah (khususnya di Amerika) masih digunakan dial-up dengan kecepatan 36,6 Kbyte. Backbone Internet pun masih kecil. Aplikasi yang bersifat menghabiskan bandwidth, seperti misalnya suara atau video, masih sangat terbatas penggunaannya di pusat penelitian yang memiliki bandwidth besar. 
Protokol-protokol Penunjang VoIP
1. TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet.
   Protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan UDP     serta dibawah lapisan tsb ada protokol yang bernama IP.
* Transmission Control Protocol (TCP) merupakan protokol yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end-
* User Datagram Protocol (UDP) merupakan salah satu protocol utama diatas IP, yang lebih sederhana     dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme reliabilitas. 
* Internet Protocol (IP) Internet Protocol didesain untuk interkoneksi sistem komunikasi komputer pada jaringan paket switched.
2. SIP (Session Initiation Protocol)
    yaitu protokol yang digunakan untuk inisiasi, modifikasi dan terminasi sesi komunikasi VoIP. SIP adalah protokol Open     Standard yang dipublikasikan oleh IETF, RFC 2543 dan RFC 3261.
Aplikasi yang digunakan
1. Skype
Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype.
aplikasi Skype
2. Neetmeting
Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang mendukung VoIP dan juga Video Conference. 
aplikasi netmeeting
3. X-Lite
X-Lite adalah sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP(Session Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh CounterPath.

Keuntungan VoIP

  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
Kelemahan dari VoIP
  • Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.

Voip Rakyat

Diposkan oleh sity nuraisyah di 01.09 0 komentar
VOIP RAKYAT 


PENGERTIAN
VoIP Rakyat merupakan teknologi VoIP berbasis Session Initiation Protocol (SIP) yang di kembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) di Internet. Konsekuensinya, VoIP Rakyat mempunyai banyak kemampuan yang lebih baik daripada VoIP Merdeka yang berbasis protokol H.323 yang di kembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU).
 SEJARAH VOIP RAKYAT 
VoIP Rakyat lahir tahun 2003. “Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan, di antaranya Sindu Irawan dan Bona Simanjuntak, lahir ide membangun server VoIP yang kami pasang di ICT Center. Kami namakan VoIP Rakyat. Waktu itu web site- nya http://www.voiprakyat.net,” ujar Anton, Manajer Riset dan Pengembangan Perangkat Lunak ICT Center DKI Jakarta.

Akhir 2003, tim kehabisan energi karena kualitas infrastruktur internet buruk. Memasuki tahun 2004, infrastruktur ICT Center mulai bagus, tetapi pada akhir 2004 mereka kehabisan dana. “Bahkan, hanya untuk renewal domain voiprakyat.net saja lupa,” tuturnya.
Domain VoIP Rakyat berganti menjadi voiprakyat.or.id yang didapat gratis. Saat kekurangan dana, Oktober 2005 ada tawaran server gratis dari Acer.
Banyak kalangan merespons positif VoIP Rakyat, termasuk Onno W Purbo. IDC Indonesia juga menyanggupi memberikan penitipan rak server gratis.
Server pun di-install perangkat lunak (software) baru. “Dulu server kami pakai SIP Express Router (SER), kemudian diganti Asterisk karena SER sulit dipelajari orang awam,” tutur Anton. Asterisk dikenal mudah untuk dipahami awam.
“Pada awal berdirinya VoIP Rakyat hanya ada 100 anggota, tetapi awal 2006 jumlahnya meningkat tajam, apalagi setelah Pak Onno ikut mengampanyekan VoIP Rakyat,” kata Anton. Kini anggota terdaftar 23.000 orang. Dari jumlah tersebut, yang aktif 6.000 orang.
“Saat ini waktu panggilan tercatat 160.000 menit, berarti telah mengirit biaya minimal Rp 20 juta jika dikonversi dalam percakapan konvensional lokal,” ucapnya.
Kemampuan VoIP Rakyat saat ini hanya dibatasi pada telepon komputer ke komputer atau PC to PC. “Bisa menelepon ke telepon rumah atau ke handphone, tetapi hanya dalam rangka riset,” katanya.
Telepon PC to PC saat ini adalah satu-satunya model yang tidak melanggar regulasi. Namun, tetap akan menjadi persoalan jika PC to PC digunakan untuk komersial (dijual).
“Diharapkan, VoIP bisa dimanfaatkan optimal di kalangan kampus dan perkantoran. Perusahaan besar yang memiliki banyak cabang akan lebih murah jika menggunakan VoIP,” papar Anton yang saat ini bekerja jarak jauh untuk perusahaan SMS Gateway di Swedia.
Anton adalah seorang programmer yang juga pembuat software gratis open source, di antaranya PlaySMS (aplikasi SMS gateway), PlayBilling (aplikasi billing warnet), Banjar (aplikasi manajemen bandwidth), juga PlayVoIP (aplikasi VoIP Server).
Anton juga sedang menjalankan server Enum, proyek idealis memetakan nomor telepon ke VoIP. Server Enum dan SIP yang berjalan di atas platform telepon generasi keempat (4G) milik Anton merupakan server Enum pertama yang sudah berhasil aktif di Indonesia.
Melihat semangat orang- orang yang bekerja pada ICT Center, jelas terlihat ketergantungan dan ketakberdayaan rakyat menghadapi harga telekomunikasi yang mahal ternyata hanya persoalan regulasi. Bukan persoalan penguasaan teknologi.
Atau, mengutip deklarasi VoIP Merdeka, “Bahwa sesungguhnya Rakyat Indonesia memiliki semangat dan kemampuan yang besar untuk mewujudkan alternatif sarana berkomunikasi, bebas dari segala belenggu birokrasi dan kekuasaan.”
Jika terus dibelenggu, pasti deretan “pemberontak” semakin panjang. Memang, komunitas underground itu terus merebak di internet untuk mengupayakan telepon murah.

KEUNTUNGAN VOIP RAKYAT 

  1. Biaya yang murah karena menggunakan jalur internet yang relatif murah.
  2. Penggunaan yang mudah.
  3. Dapat selalu terhubung selama ada akses internet.
  4. Jaringan pengguna yang luas.
KELEMAHAN VOIP RAKYAT

  1. Bandwith yang dibutuhkan untuk layanan VoIP dengan kualitas baik cukup besar.
  2. Dalam penggunaan point yang banyak, dapat menyebabkan jaringan stack.
  3. Apabila tidak 24jam online internet, maka harus membuat janji terlebih dahulu untuk berkomunikasi.
 CARA UNTUK REGISTRASI AKUN VOIP RAKYAT


1. Buka browser, masuk ke voiprakyat.or.id, klik Register. 


2. Isikan data yang dibutuhkan (ditandai tanda bintang).



·         3. Anda akan mendapatkan nomor telephone, username dan password.
·          




·    4. Langkah selanjutnya adalah instalasi dan konfigurasi softphone yang digunakan. Manual instalasi dapat didownload di http://voiprakyat.or.id/download/.
·          
·         5. Untuk menggunakannya (di sini digunakan X-Lite), buka softphone, masukkan nomor kemudian dial..
·         Berikut tampilan dari X-Lite.
·          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar